Pages

Senin, 19 Mei 2014

Profil Kampus Favorit SNMPTN 2014




Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi salah satu kampus favorit dalam SNMPTN 2014. (Foto: dok. Unpad)  
Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi salah satu kampus favorit dalam SNMPTN 2014. (Foto: dok. Unpad)  

JAKARTA - Sekira satu minggu lagi, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 akan diumumkan. Saat ini, panitia seleksi masih memperhitungkan berbagai aspek penentu kelulusan siswa peserta SNMPTN 2014.

Data SNMPTN 2014, seperti dilansir Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (19/5/2014) menyebut, ada enam perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi pilihan favorit siswa SMA/sederajat se-Tanah Air.


Profil singkat keenam kampus negeri tersebut: 

Universitas Padjadjaran (Unpad)
http://www.unpad.ac.id/

Lahir pada 11 September 1957, Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi kampus negeri yang kental dengan nuansa budaya Sunda. Sejak 5 Januari 2012, gedung Rektorat Unpad resmi pindah ke Jatinangor.

Kampus di bawah pimpinan  Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA itu kini memiliki 16 fakultas serta program pascasarjana dan diploma.

Ke-16 fakultas itu adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Fakultas Psikologi, Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Teknik Industri Pertanian (FTIP), Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknik Geologi (FTG).

Universitas Gadjah Mada (UGM)
http://www.ugm.ac.id/
Ketika berdiri pada 19 Desember 1949, Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya memiliki enam fakultas. Sekarang, kampus di Kota Pelajar ini memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi.

Universitas Sumatera Utara (USU)
http://www.usu.ac.id/

Di awal masa berdirinya, yakni pada 1952, USU merupakan sebuah Yayasan. Statusnya beralih menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) pada 1957 dan PT-BHMN pada 2003.

Kini, USU memiliki 14 fakultas/sekolah. Mereka adalah Kedokteran, Hukum, Pertanian, Teknik, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Sastra, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, Keperawatan dan Pascasarjana.

Ke-14 fakultas tersebut menawarkan 135 program studi (prodi) yakni 19 prodi tingkat doktoral, 32 prodi magister, 18 prodi spesialis, lima prodi profesi, 46 prodi sarjana dan 15 prodi diploma. Saat ini ada sekita 33 ribu mahasiswa menjalani studi di USU, 1.000 di antaranya adalah mahasiswa asing.

Universitas Diponegoro (Undip) 
http://www.undip.ac.id/
Cikal bakal Universitas Diponegoro (Undip) adalah Universitas Semarang yang dibuka pada 9 Januari 1957. Dalam perkembangannya, Universitas Semarang bermetamorfosa menjadi Undip. Peresmian Undip menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dilakukan pada 15 Oktober 1960.

Sampai saat ini ada 11 fakultas di Undip, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Psikologi.

Universitas Brawijaya (UB)
http://www.ub.ac.id/

UB berdiri pada 1963. Kampus ini memiliki 12 fakultas, dua program pendidikan setara fakultas, dan satu Pendidikan Vokasi. Kesemua sekolah dalam naungan UB menyelenggarakan 119 prodi. Rinciannya, 49 prodi sarjana, 35 prodi magister, 14 prodi doktoral, 14 prodi spesialis 1, tiga prodi profesi dan empat prodi Diploma 3.

Saat ini ada 61.231 mahasiswa berkuliah di UB, 16.447 orang di antaranya merupakan mahasiswa angkatan 2013. Mereka diajar oleh 1.965 dosen dan 137 guru besar.

Universitas Negeri Semarang (Unnes)
http://www.unnes.ac.id/

Unnes mengusung visi sebagai universitas konservasi. Melalui visi ini, civitas akademika Unnes bertekad untuk selalu menjunjung tinggi prinsip perlindungan, pengawetan, pemanfaatan, dan pengembangan secara lestari terhadap sumber daya alam dan budaya luhur bangsa. Bahkan, visi ini juga diaplikasikan dalam perwujudan tridarma perguruan tinggi Unnes.

Pada awalnya, Unnes merupakan perguruan tinggi pendidikan, Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Kini, sebagai universitas, Unnes tetap menaruh perhatian besar pada bidang kependidikan. Buktinya, 34 prodi di Unnes merupakan prodi kependidikan. Para lulusannya pun merupakan sarjana pendidikan (S.Pd.).

Total, ada 59 prodi di Unnes yang diselenggarakan pada jenjang sarjana, magister (S2) dan program doktor (S3). Unnes juga membuka program diploma (D3) serta pendidikan profesi dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). 

Sumber: kampus.okezone.com

1 komentar:

 

SMS FREE

Online

JNE:

Visitor

Flag Counter