Kini PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki maskot baru bernama Si Loko. Launching Si Loko akan diselenggarakan bertepatan dengan hari ulang tahun PT. KAI pada tanggal 28 September 2013.
Kelahiran Si Loko menambah warna baru bagi PT.
Kereta Api Indonesia (Persero). Si Loko merupakan karakter kereta api
dalam bentuk tokoh kartun yang menarik, dengan harapan dapat lebih
dekat secara langsung dengan masyarakat terutama para pelanggan kereta
api.
Inspirasi Si Loko tercipta dari inspirasi pada bentuk
lokomotif seri CC205, yang diketahui sebagai lokomotif yang kuat dan
gagah. Wajah Si Loko memiliki ciri khas yang melekat dengan bentuk yang
menyerupai lokomotif kereta api. Sedangkan kostum yang dipergunakan
dapat dikembangkan sesuai dengan event marketing yang
diselenggarakan, akan tetapi Si Loko juga memiliki desain standar kostum
yang dikenakan. Secara standar, Si Loko memiliki beberapa seri seragam
sebagai varian kostum yang mencerminkan beberapa frontliner PT. Kereta Api Indonesia (Persero), diantaranya PUK, PPKA dan Polsuska. Selain itu, diciptakan juga seri seragam menggunakan wearpack
bertuliskan LOKO. Kostum Si Loko juga tersedia dalam varian lain
seperti perayaan hari besar atau seperti Idul Fitri, Natal, Imlek,
maupun eventlainnya.
Gambar: Si Loko dengan kostum versi seri seragam
Menurut Sulistyo Wimbo Hardjito selaku Direktur
Komersial PT. Kereta Api Indonesia (persero), kehadiran Si Loko
membangkitkan semangat baru dalam dunia perkeretaapian di Indonesia.
Menurutnya, dalam hal ini Si Loko menjadi sarana mediator komunikasi
antara perusahaan dengan masyarakat. PT KAI menunjukkan sebuah
perubahan bahwa perusahaan ini tidak hanya mengembangkan sarana
transportasinya saja, melainkan dapat memberikan harapan baru bagi
pengembangan perkeretaapian di Indonesia yang semakin dekat dan peduli
dengan masyarakat.
Si Loko memiliki beberapa karakteristik, diantaranya
bersahabat, ceria, menyenangkan, informatif, cerdas, inspiratif,
setia, serta bertanggung jawab. Hal tersebut juga terlihat dari wujud
Si Loko yang menarik dan sesuai bagi semua kalangan.
Dalam pengenalannya kepada pelanggan dan stakeholders, maskot
ini diwujudkan dalam bentuk grafis, maupun berbagai dimensi dalam
media branding, antara lain Badut Maskot, Boneka, Merchandise serta
Robot. Launching maskot Si Loko akan diselenggarakan pada hari
Sabtu tanggal 28 September 2013, bertepatan dengan hari ulang tahun
kereta api yang ke 68 tahun.
Sumber: Kereta Api
Tidak ada komentar:
Posting Komentar